25/04/2019 Oleh Redaksi 0

Tilang Elektronik Mulai Disosialisasikan Lewat Facebook

MATRANEWS.id — Sosialisasi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik kembali digaungkan.

Setelah sebanyak 81 CCTV dipasang di sejumlah wilayah Jakarta, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan langkah pemberitahuan hal ini lewat media sosial.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat sudah sekitar 1.500 surat tilang dikirim ke alamat pelanggar lalu lintas.

Ada sekitar 800 STNK lebih milik warga DKI Jakarta yang diblokir karena terbukti melanggar, dan tidak membayar denda sesuai yang ditentukan.

Ia menjelaskan pelanggar yang sudah mendapatkan surat tilang dari polisi, maka harus segera menindaklanjuti dengan membayar denda sesuai dengan batas waktu yang sudah ditentukan.

Apabila pelanggar tidak memenuhi tanggung jawabnya membayar denda sesuai batas waktu yang ditentukan, STNK pelanggar akan diblokir.

Kamera CCTV berteknologi canggih memantau pelanggaran lalu lintas. CCTV tersebut bisa merekam, meng-capture pelanggaran, pelat nomor kendaraan di lapangan kemudian terkoneksi di back office TMC Polda Metro Jaya.

Back office Gakkum dan Regident mengecek database, jika pengendara terbukti melakukan pelanggaran, polisi akan menerbitkan surat tilang.

Polisi pun melakukan sosialisasi, untuk jenis-jenis pelanggaran yang dapat terdeteksi ETLE, termasuk pelanggaran ganjil-genap.

Pelanggaran yang bisa terdeteksi adalah pelanggaran marka dan rambu jalan, pelanggaran batas kecepatan, kesalahan jalur, kelebihan daya angkut dan dimensi, dan menerobos lampu lalu lintas.

Kemudian melawan arus, mengemudi dengan kecepatan melebihi batas, tidak menggunakan helm, tidak menggunakan sabuk pengaman, dan menggunakan ponsel saat berkendara.

baca juga: majalah MATRA edisi cetak –klik ini —