06/01/2019 Oleh Redaksi 0

Prostitusi Artis Harga Fantastis

MATRANEWS.id– Majalah Pria. Awal tahun, sang artis itu meng-unggah status sedang berada di Surabaya, Jawa Timur, diketahui lewat unggahan Instagram stories-nya.

Perempuan cantik itu, menginformasikan kepada netizen sedang berada di Surabaya. “Hello Surabaya. Menjemput rezeki di awal 2019. See u at Townsquare Surabaya,” tulisnya.

Tak lama kemudian, muncul berita artis VA ditangkap di sebuah hotel di Surabaya, Sabtu (5/1) siang karena kasus prostitusi online. Perempuan berusia 27 tahun itu disebut sedang melayani pria di kamar hotel.

Eng-ing-eng. Kasus prostitusi yang melibatkan model artis ini pun mengundang perhatian masyarakat, karena kerap membanderol dengan harga fantastis, bisa sampai ratusan juta.

Untuk tarif booking VA disebut Rp 80 juta. Sementara untuk AS dibanderol dengan harga Rp 25 juta sekali kencan.

Tidak sekali ini saja, artis beberapa nama artis terseret dalam dugaan “prostitusi online”, meski mereka masih dianggap sebagai korban.

Para artis itu, yang tertangkap tangan ketika sedang berada di kamar bersama dengan seorang pria hidung belang. Ujungnya, “Saya hanya korban,” ujarnya.

Hingga kini, polisi juga enggan mengungkap siapa pem-booking artis itu, dengan bayaran jutaan rupiah sekali “pukul.”

Tentu Anda masih ingat ketika NM, model seksi yang sempat berjilbab itu pernah diamankan dalam sebuah penggerebekan di sebuah hotel berbintang di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (10/12/2015).

Tarif yang dipasang Rp 50 – 120 juta per short time atau 3 jam. Untuk NM Rp 65 juta.

PR yang merupakan finalis Miss Indonesia 2014 juga pernah ditangkap dalam penggerebekan yang dilakukan pihak Kepolisian bersama dengan NM di sebuah hotel mewah di Jakarta Pusat.

Polisi menyamar sebagai pelanggan jasa esek-esek, untuk PR Rp 50 juta.

Artis AA sempat menjadi artis yang beken di 2015, karena disebut-sebut memasang tarif Rp 80 juta sekali kencan dengan pembayaran di awal sebesar Rp 7 juta.

Model TM juga masuk daftar artis prostitusi yang dibongkar mucikari artis, RA.

RA membeberkan identitas artis yang dia bina dan ditawarkan kepada pengusaha, politisi dan pejabat. Hanya mengenalkan, si calo mendapat honor 5 juta dan si artis 20 juta.

SB yang dikenal sebagai artis dangdut, memasang tarif 35 juta.

Beberapa waktu lalu, artis cantik FNJ juga terbawa masalah korupsi, karena dikait-kaitkan dengan terdakwa kasus korupsi, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. FNJ dikabarkan merupakan perempuan yang menemani Wawan saat keluar dari rumah tahanan dan tidur di hotel di Bandung.

Kabar ini berawal ketika salah satu jaksa KPK menduga bahwa Wawan menginap di hotel bersama seorang figur publik berinisial FNJ.

AS yang beken dengan model panas, pernah mengaku bahwa dekat dengan mantan suami Ayu Ting Ting (Enji) tersebut. “Sudah tiga kali sama orang yang pernah aku kenal juga. Tapi, kalau aku kalau di luar kota aja, kalau lagi butuh uang,” ujarnya.

“Tugas model itu, secara positif yang dijual memang tampilannya. Model harus bisa menjaga kulit, kecantikan, dan badan,” kata Asri Hadi. Dengan fakta seperti, itu, bahwa model harus cantik di berbagai kesempatan. “Itu yang jadi mahal,” jelasnya.

Sebagai pengamat sosial, Asri Hadi mengatakan, bahwa fenomena kasus prostitusi artis karena tak bisa memenuhi kebutuhan gaya hidup akibat ekonomi yang memburuk sudah sering kita dengar. Akibat ekonomi memburuk, artis atau model mencari pekerjaan lain untuk mendapatkan uang lebih banyak.

Aktivis anti narkoba ini mengamati, artis dan model cantik memiliki gaya hidup yang tak biasa. Sehingga artis dan model cantik mencari pekerjaan sampingan menjadi pekerja seks komersial.

Harga artis beredar di grup BlackBerry Messenger (BBM) dan Facebook (FB). “Online hanya bagian dari strategi marketing,” ujar Asri Hadi yang menyebut tak perlu menghakimi artis atau bukan, karena setiap profesi bisa saja itu terjadi.

Intinya, “Mereka sang artis dan model butuh uang tambahan. Mereka lebih mencari materi yang ketimbang kenikmatan sesaat karena ada pergeseran orientasi kapital. Ekonomi sulit cenderung memilih jalan lain untuk mendapatkan uang.”

Asri Hadi menyebut majalah MATRA pernah meliput beberapa artis yang tobat atau tak mau terjebak di lingkaran prostitusi secara mendalam. “Di situ tertulis, mereka ada yang mengaku malah lebih nyaman jadi istri simpanan atau nikah siri. Tulis lagi dong, dengan pola investigasi. Menarik itu,” ujar pria yang juga dosen ini.

Asri Hadi, Pengamat Sosial

“Tugas model itu, secara positif yang dijual memang tampilannya. Model harus bisa menjaga kulit, kecantikan, dan badan,” kata Asri Hadi. Dengan fakta seperti, itu, bahwa model harus cantik di berbagai kesempatan. “Itu yang jadi mahal,” ujar Asri Hadi, pengamat sosial memaparkan.

Menurut sumber MATRA, identitas pengusaha yang menyewa jasa artis ibukota itu adalah pengusaha dari Surabaya, dengan inisial R. Pengusaha muda itu pemilik usaha di bidang media online. “Perusahaannya banyak,” ujar polisi ketika diklarifikasi.

Belum mau mengungkap detil, polisi menyebut pengusaha kaya itu bergerak di bidang jasa. ” Usianya 45 tahun, (perusahaan) jasa kali ya salah satunya, karena banyak usahanya,” papar polisi sekaligus memberi alasan, TSK-nya adalah mucikari. Sehingga kedua artis dan pengusaha R telah dipulangkan.

Mereka diperbolehkan pulang dan dikenakan wajib lapor, setelah menjalani pemeriksaan dan penahanan selama 1×24 jam.